Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Badan Hisab dan Rukhiyat Daerah Kabupaten Mimika Prediksi Awal Ramadhan 1444 H/2023 M Akan Bersamaan

Badan Hisab dan Rukyat Daerah Kabupaten Mimika dengan menerima sejumlah masukan dari Umat Islam Kab. Mimika tentang perlunya BHRD memberikan penjelasan terkait Awal Ramadhon 1444H/2023M, Sebagai berikut, 

1. Posisi bulan di Indonesia pada saat Maghrib tanggal 22 Maret 2023 telah memenuhi kriteria Menteri Agama Brunai, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) Bahwa 1 Ramadhon 1444 H Bertepatan tanggal 23 Maret 2023M

2. Pada saat Magrib tgl 22 Maret 2023 posisi bulan 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat sudah memenuhi kriteria Wujudul Hilal

3. Maka prediksi permulaan awal Ramadhon akan berlangsung secara serentak atau tidak ada perbedaan.

4. Maka untuk memperkuat hitungan/Hisab diatas maka kita menunggu hasil RUKYAT HILAL atau OBSERVASI HILAL oleh para ahlu rukyat Indonesia.

5. Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar rapat sidang isbath pada hari Rabu tanggal 22 Maret 2023M/29 sya’ban 1444H dalam rangka penetapan 1 Ramadhon 2023.

6. Menunggu Keputusan Pemerintah seperti dalil yang ada didalam alquran dan alhadits:

١. ايهاالذين امنوا اطيعوا الله واطيعوا الرسول واولى الامر منكم

“Wahai orang-orang yg beriman Taatlah kepàda Allah dan Taatlah kepada Rasul(Muhammad) dan Taatlah kepada pemegang kekuasaan diantara kamu (QS. An-Nisa: 59)

٢. من أطاعني فقد أطاع الله ومن يعصني فقد عصى الله ومن يطع الامير ففد اطاعني ومن يعص الامير فقد عصاني

“Barang siapa yg mentaatiku aku sungguh ia telah mentaati Allah, dan barng siapa yg durhaka padaku sungguh ia telah mendurhakai Allah, barang siapa yang taat pada pemimpin sungguh ia taat padaku, dan barang siapa yang durhaka pemimpin sungguh ia telah durhaka Padaku” (HR.Muslim no.1835)

٣. حكم الحاكم الزام ويرتفع الخلاف

“Keputusan Pemerintah mesti menghapuskan perbedaan”

Di akhir penjelasan Ketua Badan Hisab dan Rukhiyat Daerah Kabupaten Mimika KH. Muh. Amin AR, S. Ag, S.Pd, MM, Menyampaikan Marhaban ya Ramadhan, Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim Mimika.