Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Ustadz Aba Yazid, S. Pd., M. Pd : Empat Golongan Orang Yang Dirindukan Surga

Kamis, 4 April 2024 Masjid Nurussalam yang terletak di belakang pasar sentral melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah. Sebelum rangkaian shalat tarawih seperti biasa diisi ceramah agama untuk menambah pengetahuan jamaah yang akan di bawakan oleh Ustadz Abah Yazid, S. Pd., M. Pd dengan tema "Empat Golongan Orang Yang Dirindukan Surga"

Dalam sebuah hadis diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW bersada : Aljannatu Musytaqotun Ila Arba’ati Nafarin, Taalil Qur’an, Wa Haafidzii lisan, Wa Muth’mimul Jii’an Wa Shooimiina Fi Syahri Romadhon.

Artinya : Surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Al-quran, orang yang memelihara lisan dari ucapan keji dan munkar, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di bulan ramadan. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Empat orang yang dirindukan surga pertama adalah orang yang suka membaca Al Quran Seperti yang tercantum dalam surah Al Baqarah ayat 185 yang artinya "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)."

"Nabi muhammad SAW bersabda bacalah Al Quran sebab Al Quran akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at." Ucap Ustadz Abah Yazid

Kedua orang yang dirindukan oleh surga adalah orang yang menjaga lisannya. "Hendaknya kita senantiasa menjaga lisan kita agar jangan mencela orang apalagi memfitnahnya, sebab fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan." Ustadz Abah Yazid mengingatkan 

Ketiga adalah orang yang peduli terhadap anak yatim. "Marilah kita membelanjakan harta kita di jalan Allah salah satunya dengan menyantuni anak yatim dan juga memberikan hidangan buka puasa kepada orang yang berpuasa, sebab orang yang memberi buka puasa sama saja dia juga memiliki pahala orang yg berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala dari orang tersebut." Ustadz Abah Yazid mengajak.

Golongan orang yang dirindukan surga yang ke empat atau yang terakhir adalah orang yang berpuasa di bulan ramadhan. "Orang yang berpuasa, maka baginya akan memasuki surga melalui pintu Ar royyan." Ucap Ustadz Abah Yazid (Ilham)