Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Tarhib Ramadhan KKSS, Wahana Silaturrahmi Warga KKSS menjelang Bulan Suci Ramadhan

Gambar : Pengurus BPD KKSS Kabupaten Mimika bersama Ketua-ketua Pilar dan Ortom BPD KKSS pada Acara Tarhib Ramadhan 1442 H di Gedung Serba Guna Masjid Agung Babussalam, 11 April 2021.

Timika, MimikaMuslim.Com

Guna mempererat hubungan silaturrahmi antara warga Sulawesi Selatan yang bermukim di Kabupaten Mimika dan sebagai wujud kegembiraan warga muslim KKSS akan datang bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M, Badan Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD-KKSS) Kabupaten Mimika mengadakan Tarhib Ramadhan 1442 H/2021 M yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Masjid Agung Babussalam, Ahad, 11 April 2021.

Kegiatan yang merupakan program dari Departeman Kerohanian BPD KKSS Kabupaten Mimika tersebut dihadiri oleh Ketua BPD KKSS, Wakil-wakil Ketua KKSS, Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Cabang (IWSS) Kabupaten Mimika maupun ranting, Majelis-majelis Taklim dari berbagai Pilar, Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS), Ikatan Pemuda dari berbagai pilar dan tokoh-tokoh 

Dalam Sambutannya Ketua BPD KKSS Mimika, Syamsuddin B menyampaikan, tidak ada manusia yang tidak terlepas dari dosa. Maka dengan moment inilah dan disuana yang sangat besahaja ini, kita semua dapat hadir dan memberikan salam dan saling memaafkan sebelum datangnya bulan suci ramdahan.

''Sebelum masuknya bulan Ramadhan sebagai manusia, kita tidak terlepas dari yang namanya dosa. Untuk itu dalam menyambut bulan suci Ramadhan kami segenap Pengurus BPD KKSS Mimika menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin. Jika ada silaf, baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja,''jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Departemen Kerohanian BPD KKSS Kabupaten Mimika, Ustad Abdul Syakir, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar hari ini merupakan kegiatan program Departeman Kerohanian yang telah dibahas dalam Musayawarah Kerja (Mukerda) 1 KKSS Kabupaten Mimika yang telah dilaksanakan pada beberapa bulan yang lalu yang merupakan agenda Tahunan.

''Kegiatan Tarhib Ramadhan ini adalah hasil dari pemikiran rekan-rekan kami di Departeman Kerohanian yang alhamdulillah hari ini telah terlaksana dengan baik. InsyaAllah di pertengahan Bulan Ramadhan, BPD KKSS Mimika melalui Departemen Kerohanian Kembali akan mengundang pilar-pilar dan warga KKSS untuk hadir dalam kegiatan Berbuka Puasa bersama yang sedianya akan dilaksanakan di Sekretariat BPD KKSS Mimika yang terletak di Jl. Hasanuddin Perumahan Jasti Irigasi,''terangnya.

Sementara itu, Tarhib Ramadhan KKSS tersebut juga diisi dengan mendengarkan Taushiyah Tarhib Ramadhan yang disampaikan oleh Ustad PATWA, SH,MH yang juga merupakan Wakil Ketua Departeman Hukum dan Ham BPD KKSS Kabupaten Mimika.

Dalam taushiyahnya Patwa menyampaikan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan Allah, dimana amal yang kita lakukan akan mendapatkan ganjaran kebaikan dan dilipat gandakan pahala yang telah kita perbuat.

Ia juga menyampaikan pentingnya kita harus terus membina dan membangun tolerasi di daerah tempat tinggal kita, dimana kita dapat hidup dengan tenang, tentram dan damai.

Islam adalah agama yang Rahmatan lil alamin,  untuk itu sebagai seorang muslim, kita harus menunjukan bagaimana cara kita untuk dapat menempatkan diri kita dengan saudara-saudara kita yang non muslim agar selalu terciptanya saling menghargai satu sama lain dan saling menjaga dalam keberagaman, tutupnya.

Kegiatan ditutup dengan menggalang donasi untuk NTT yang selanjutnya akan disalurkan di POSKO Peduli NTT yang ada di Timika. (Dept.OKK dan Humas BPD KKSS Kab.Mimika)