Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Kemenag RI : Menyambut Wajib Halal 2024

Saat ini gaya hidup halal semakin tumbuh di kalangan generasi muda. Para ibu dan remaja perempuan kita juga mulai tertarik dengan produk kosmetik halal. Masyarakat juga semakin menaruh perhatian kepada kuliner halal sebagai pilihan. Perusahaan-perusahaan dan pelaku usaha juga semakin menyadari pentingnya standar halal atas produknya, dan berkompetisi untuk menyediakan bahan halal atau produk halal bagi konsumen mereka. Bahkan produk-produk luar negeri yang masuk ke Indonesia pun amat menyadari pentingnya bersertifikat halal, karena “pasar” Indonesia yang mayoritas muslim membutuhkan kepastian akan kehalalan produk-produk tersebut.

 

Penyediaan makanan-minuman di restoran, rumah makan, atau pusat-pusat kuliner Indonesia yang menyajikan konsumsi halal semakin banyak di setiap daerah. Begitu pula dengan tren busana muslim yang sudah menjamur di berbagai kota dan pusat perbelanjaan yang memajang busana halal. Di bidang pariwisata pun saat ini mulai dikampanyekan pariwisata halal (halal tourism/moslem friendly tourism).

 

Melalui firman-firman-Nya di dalam Al-Quran, Allah SWT dengan sangat jelas dan tegas menyatakan kewajiban bagi kita untuk mencari rejeki, serta menggunakan dan mengonsumsi apa-apa yang halal. Allah Ta’ala berfirman,

 

یَٰٓأَیُّھَا ٱلنَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِى ٱلۡأَرۡضِ حَلَٰلاً۟ طَیِّ۟بًا وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٲتِ ٱلشَّۡیطَٰنِ إِنَّھُ لَكُمۡ عَدُوٌّ۟ مُّبِینٌ

(١٦٨)

 

Artinya: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik ,dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 168).

 

Sejalan dengan itu, produk-produk syariah juga semakin berkembang, seperti perbankan dan keuangan syariah, asuransi syariah, takaful, dan sebagainya. Haji dan umrah juga menjadi pemantik ekonomi syariah dan bisnis halal. Selain itu, kita juga memiliki potensi zakat, sedekah, wakaf dan sebagainya yang mendukung pengembangan ekonomi syariah dan industry produk halal di Indonesia.