Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Khutbah Jumat Singkat Sesuai Awal Bulan Syawal, Tema : 8 Amalan Pasca Ramadhan

MimikaMuslim.com - Khutbah Jumat singkat ini sangat bagus disampaikan kepada jamaah pada kesempatan awal Bulan Syawal, tema materinya sangat sesuai yaitu 8 amalan pasca Ramadhan, sebagaimana saat ini kaum muslimin baru saja keluar dari Syahrus Shiyam.

Setelah keluar dari bulan puasa, kaum muslimin perlu mendapatkan ceramah atau nasehat terkait tema 8 amalan pasca Ramadhan, Khutbah Jumat singkat yang ada pada artikel ini sudah tepat untuk memberikan pencerahan bagi umat Islam.

Sehingga kaum muslimin tidak bingung memasuki Bulan Syawal, semangat beribadah yang tinggi saat Syahrul Mubarok lalu langsung dapat digantikan sebagaimana terdapat dalam materi tema 8 amalan pasca Ramadhan, Khutbah Jumat singkat ini akan menjelaskan semuanya.

Dirangkum MimikaMuslim.com dari berbagai sumber pada Minggu, 23 April 2023 Khutbah Jumat singkat ini tidak terlalu panjang, sangat padat berisi materi tema 8 amalan pasca Ramadhan yang tapat disampaikan pada awal Bulan Syawal, dan juga tidak membuat mengantuk jamaah.

Teks Khutbah Jumat singkat untuk awal Bulan Syawal dengan tema 8 amalan pasca Ramadhan:

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين, وعلى آله وصحبه أجمعين.

عباد الله, أُوْصِيْكُمْ وَ إياي نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ, فقد فاز المتقون, قال الله تعالى, بعد أعوذ بالله من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

أما بعد.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Pertama-tama khatib ingin berwasiat untuk diri khatib pribadi, dan umumnya bagi jamaah sekalian agar meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, secara sederhana maknanya yaitu dengan sungguh-sungguh menjalankan kewajiban dan semaksimal mungkin meninggalkan hal-hal yang haram, maksiat atau perilaku lain yang dilarang.

Pada bulan Ramadan lalu, suasana ibadah terasa sangat tinggi, puasa, terawih, tadarus, sedekah, zakat, dan lain sebagainya. Walaupun ada naik turunnya, secara umum amalan yang dilakukan kaum muslimin cukup bagus, sehingga bisa disebut pada hari raya Idul Fitri telah meraih kemenangan yaitu dengan takwa sesuai tujuan perintah puasa.

Kaum muslimin a'azakumullah,

Walaupun Bulan Ramadhan telah berlalu, bukan berarti ibadah juga ikut menghilang. Sebagai hamba Allah, umat Islam tetap harus menjalankan perintah Allah SWT, dari kewajiban-kewajiban dan juga tuntunan yang dianjurkan Rasulullah SAW, setidaknya ada 8 amalan pasca Ramadhan yang bisa lakukan kaum muslimin pada Bulan Syawal ini.

Pertama sholat 5 waktu

ini sudah barabng tentu dilaksanakan kaum muslimin sehari semalam wajib menjalankan sholat 5 waktu, tidak ada alasan bagi umat Islam untuk menigngalkannya kecuali bagi wanita yang berhalangan, mari kita terus makmurkan masjid sebagaimana di Bulan Ramadhan rumah-rumah Allah itu begitu meriah.

Amalan kedua yang bisa dikerjakan oleh kaum muslimin di Bulan Syawal, yaitu sholat malam atau tahajud, ini bisa disebut untuk menggantikan terawih pada saat malam hari Ramadhan lalu, mari semangat itu kita lanjutkan, agar takwa yang diraih terus tumbuh subur.

Ma’asyiral Muslimin yang dirahmati Allah,

Amalan ketiga yang bisa dilakukan yaitu puasa sunah Syawal, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Maknanya: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian mengikutinya dengan berpuasa 6 hari di bulan syawal, maka ia seperti puasa sepanjang tahun” (HR Muslim).

Masyallah, besar sekali pahala puasa 6 hari di Bulan Syawal ini, yaitu seakan-akan puasa setahun penuh. Mari kita lakukan puasa sunah Syawal untuk mendapatkan pahala yang besar.

Amalan keempat masih terkait pausa, apabila puasa Syawal sudah kita lakukan, masih ada dua puasa sunah lain bisa dikerjakan di Bulan Syawal yaitu Senin-Kamis dan Ayamul Bidh atau pertengahan bulan hijriyah, marilah semangat puasa di Bulan Ramadhan lalu kita lanjutkan dengan puasa-puasa sunah.

Jamaah sidang sholat Jumat yang dimuliakan Allah,

Amalan kelima yang bisa kaum muslimin laksanakan di Bulan Syawal yaitu sedekah. Apabila saat Ramadhan lalu ada infak atau zakat fitrah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam, sebenarnya di luar Ramadhan sedekah juga dianjurkan, terutama pada waktu shubuh dan di hari Jumat, ini adalah dua sedekah yang sangat dianjurkan, untuk dilakukan umat Islam.

Amalan keenam yaitu zakat mal atau harta, berbeda dengan zakat fitrah zakat mal ditunaikan sesauai dengan haul dan nishobnya sesuai ketentuan masing-masing. Ada banyak macam zakat mal, diantaranya yaitu zakat perdagangan dan perusahaan, dan yang jelas untuk dilaksanakan setiap bulannya adalah zakat profesi atau penghasilan.

Kaum muslimin rahimakumullah, 

Amalan ketujuh yang bisa dilakukan kaum muslimin di Bulan Syawal yaitu istighfar dan taubat. Memohon ampunan dan bertaubat tidak hanya dilaksanakan saat Ramadhan saja,sehingga ketika keluar dari Syahrus Shiyam itu lalu tidak lagi beristighfar ata taubat, tidak begitu. Tetapi terus laksanakan ibadah tersebut.

Allah SWT berfirman di dalam Al Quran:

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

’’Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung,’’ QS. An-Nur:31

Amalan terakhir yang bisa dilaksanakan pada Bulan Syawal yaitu istiqomah, Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُواْ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسۡتَقَـٰمُواْ تَتَنَزَّلُ عَلَيۡهِمُ ٱلۡمَلَـٰٓٮِٕڪَةُ أَلَّا تَخَافُواْ وَلَا تَحۡزَنُواْ وَأَبۡشِرُواْ بِٱلۡجَنَّةِ ٱلَّتِى كُنتُمۡ تُوعَدُونَ -٣٠- 

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah, kemudian mereka istiqomah, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan memperoleh surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu." (Q.S. Fushshilat: 30)

Ma’asyiral Muslimin yang dimuliakan Allah,

Setelah amalan-amalan baik itu dilaksanakan, maka teruslah istiqomah dalam ketaatan dan kebaikan, berlomba-lombalah dalam kebaikan. Demikian khutbah pertama yang dapat khatib sampaikan pada kesempatan ini, semoga ada hikmah yang dapat di petik.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ   


Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَمَّا بَعْدُ، 

فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ 

فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ