Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Presiden Jokowi Bayar Zakat Hari Ini, Himbau Para Pejabat Tunaikan Kewajiban dan Harap Dapat Ikut Atasi Program Pemerintah Dalam Pengentasan Kemiskinan

Mimika Muslim - Presiden Jokowi telah melakukan pembayaran zakat pada hari Selasa, 28 Maret 2023. Orang nomor satu di Indonesia itu menghimbau agar para pejabat juga melakukan hal yang sama, dan berharap dapat ikut membantu program pengentasan kemiskinan.

Dalam sambutannya, sebelum Presiden Jokowi membayar zakat sempat mengungkapkan rasa syukurnya sebagai umat Islam karena telah dipertemukan kembali dengan Bulan Ramadhan yang mulia, yang mana pada saat ini dianjurkan meningkatkan ketakwaan.

Presiden Jokowi mengatakan tidak hanya dengan ibadah tapi juga melalui memperbanyak amalan sedekah, infak, dan zakat. Menunaikan zakat adalah kewajiban bagi orang Islam. Menyalurkannya di lembaga akan dikelola secara profesional dan transparan, sehingga disalurkan tepat sasaran pula.

Selain itu Presiden Jokowi juga menyampaikan harapannya agar dana zakat yang terkumpul dapat meningkatkam kesejahteraan masyarakat, kemudian dengan begitu Allah SWT juga akan memberikan keberkahan, lalu kewajiban yang ditunaikan dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan.

"Saya menghimbau kepada seluruh umat Islam khususnya pejabat-pejabat negara, apratur sipil negara, BUMN, dan seluruh kepala daerah di seluruh tanah air untuk menunaikan kewajiban zakatnya," kata Presiden Jokowi sebagaimana dikutip MimikaMuslim dari video yang diunggah akun Youtube resmi Sekretariat Presien pada Selasa, 28 Maret 2023.

Setelah memberikan sambutannya Presiden Jokowi tampak duduk di kursi yang disediakan, kemudian tampak khidmat mengikuti doa bersama. Tidak lama orang nomor satu di Indonesia itutpun menghadap petugas untuk membayar zakat.

Tampak pada saat itu juga diikuti oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan diikuti pula oleh para meteri serta pejabat lainya. Alangkah baiknya apa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi untuk dicontoh oleh kaum muslimin, terutama para aghniya atau orang kayanya.

Bagi kaum muslimin yang tinggal di Papua atau Wilayah Timika dan sekitarnya tidak perlu khawatir atau bingung dalam menunaikan kewajibannya, umat Islam khususnya para muzaki bisa membayar zakat melalui LAZ Assalam Timika yang kantornya berada di SIT Permata SP 2.