Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Halal Bi Halal Akbar Keluarga Besar Pondok Pesantren Hidayatullah Timika Mementum Memupuk Kebersamaan dan Silaturahmi

Mimika Muslim.com-Guna memupuk kebersamaan dan silaturahmi antara seluruh civitas keluarga besar Pondok Pesantren Hidayatullah Timika. Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah (LPIH) Timika, mulai dari TK-PAUD-SD-SMP serta SMAS Sekolah Integral Hidayatullah Timika bekerjasama dengan seluruh komite TK-PAUD-SD-SMP-SMAS mengadakan acara Halal Bi Halal Akbar yang mengusung tema “Rajut Silaturahmi Membentuk Harmoni Kebersamaan di Hari Kemenangan”, Sabtu 06 Mei 2023 yang dipusatkan di Lapangan Futsal Pondok Pensantren Hidayatullah Timika, Km.9 Kadun Jaya, Wania-Timika.

Hadir sebagai pembawa hikmah Halal Bi Halal adalah Anggota Dewan Murobbi Hidayatullah Pusat yang juga praktisi dan konsultan parenting, KH. Drs. Zainuddin Musaddad, MA.

Ketua Panitia Pelaksana Halal bi Halal Akbar Keluarga Besar Pondok Pesantren Hidayatullah Timika, Ustad Idham Khalid, S.Pd.I dalam laporannya menyampaikkan gagasan dan tujuan diselenggaraknnya acara tersebut yaitu tidak lain adalah guna membangun tali silaturahmi keluarga besar Sekolah Integral Hidayatullah Timika, Komite dan seluruh orang tua wali murid.

“Demi membangun mimika yang berkemajuan, kita tidak bisa sendiri, kita harus bergandengan tangan bersama-sama untuk mewujudkan ‘Eme Neme Yauware’, bersatu bersaudara kita membangun. Serta kami memohon maaf jika dalam pelaksanaan acara Halal bi Halal Akbar ini terdapat berbagai kekurangan kekhilafan,” tutur Idham.

Semantara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Timika, Ustad Al Djufri Muhammad dalam sambutannya mengatakan bahwa Pondok Pesantren Hidayatullah Timika yang telah berdiri kurun waktu 20 tahun lebih tersebut adalah Lembaga yang bergerak bukan hanya di bidang Pendidikan saja, namun juga bergerak di bidang dakwah dan sosial. Dimana lembaga hidayatullah dalam kiprahnya telah melahirkan anak-anak peserta didik yang berprestasi baik dalam bidang akademik, spritual dan kerohanian yang telah menembus level nasional dan internasional. Semua itu tidak terlepas dari dukungan dan peran aktif dari pemerintah.

“Berkat dukungan dari pemerintah daerah Mimika sehingga Pendidikan dapat berjalan sampai saat ini. Berkat dukungan bapak ibu semua juga sehingga program pendidikan dakwah dan sosial bisa berjalan dengan baik bahkan bisa menjadi rujukan bagi yayasan-yayasan islam yang lainnya sebagai mitra pemerintah melahirkan generasi yang unggul dan religius yang berintegritas tinggi, berintelektual baik,”terang Al Djufri.

Ia menambahkan bahwa yang kesemuanya itu merupakan harapan kita kedepannya akan melahirkan pemimpin yang mempunyai visi besar yang akan mengelolah kekayaan ribuan ton Emas di Kabupaten Mimika ini.

Ketua MUI Kabupaten Mimika, KH. Muhammad Amin AR, S.Ag, S.Pd, MM dalam sambutannya menyapaikan beberapa hal tentang keutamaan Bulan Syawal.

Dikatakannya, Bulan Syawal adalan bulan silaturrahim. Satu-satunya bulan yang paling banyak kita melakukan kunjungan ke saudara-saudara kita, hanya ada di Bulan Syawal. Serta kegiatan dan acara halal bi halal itu hanya ada di Bulan Syawal.

“Bulan syawal adalah momentum persatuan ummat, kita bisa hadir disini dengan berbagai latar belakang. Pemerintah telah berkontribusi untuk ummat islam. Hubungan pemerintah dan ummat islam saat ini, luar biasa. Dapat kita lihat, mulai dari Almarhum Bupati Klemen Tinal, Bapak Eltinus Omaleng sampai Bapak Plt Bupati Johannes Rettob,” jelas KH. Amin.

Senada dengan hal tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan, Paulus Dumais, S.Pd, MM yang hadir mewakili Plt Bupati Mimika, Bapak Johannes Rettob menyampaikan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan banthin. Melalui mementum halal bi halal ini saya mengajak kepada kita semua, mari kita lapangkan hati dan dada kita untuk saling memaafkan atas segala khilaf diwaktu yang lalu.

“Kadang kita saling salah paham, untuk itu mari kita saling memaafkan karena inti halal bi halal ini adalah saling mengikhlaskan dan memaafkan satu sama lainnya. hal ini menjadi kunci utama yang dapat membangkitkan sinergi antara berbagai macam pihak. Oleh sebab itu kebersamaan sangatlah penting dipelihara guna menghasilkan sebuah karya yang berharga bagi bangsa dan negara kita.

Pada inti acara halal bi halal yaitu taushiyah yang disampaikan oleh KH. Drs. Zainuddin Musaddad, MA yang menggakat tema tentang “Wajah”.

Dikatakannya bahwa Allah SWT dalam Alquran telah menyebut wajah sebanyal 56 Kali. Ia menyampaikan, bahwa apa yang menyenangkan hati padahal kita tidak saling tau nama, apa yang menyenangkan hati padahal kita tidak saling kenal satu dengan yang lainnya. Jawabannya adalah semua karena kita bertemu dengan wajah. Banyak perseoalan ditimbulkan karena wajah sudah tidak bertemu.

Sengketa antara suami dan istri karena wajah sudah jarang bertemu, sengketa anak dan orang tua, karena mereka jarang bertemu, sengketa antara pemimpin-pemimpin karena mereka jarang bertemu. inilah inti dari silaturahmi yaitu membangun suatu ikatan yang erat antara satu dengan yang lainnya maka kita harus saling bertemu antara wajah dengan wajah.

“Panitia tidak memberikan catatan sama sekali kepada saya, yang bisa dipastikan mereka yang berada disana adalah orang-orang pintar, tokoh-tokoh besar. Silahkan pajang fotonya baik-baik karena merah putih akan digenggam mereka dan tidak akan pernah terobek. Disana Ada dewan, Ada tokoh katolik, ada tokoh protestan, ada tokoh dai. Kok semua bisa menyatu, karena itu bukan karena kita, itu semua karena Allah melalui wajah yang merupakan karunia Allah Swt,” jelasnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan doa dan lelang sukarela yang dipimpin langsung oleh Ketua DMI Kabupaten Mimika, KH. Abdul Muthalib Elwahan, S.Pd kepada tamu undangan untuk kelanjutan pembangunan masjid Jami’ Hidayatullah Timika yang saat ini konsen dalam pembangunan dan pengadaan kubah masjid yang membutuhkan estimasi dana yang cukup besar sekitar, 750-800 Juta Rupiah. Didapatkan dari hasil lelang tersebut kurang lebih sumbangan yang masuk dari tamu undangan sebesar Rp. 43.515.000 dan 90 sak semen.

Sekretaris Panitia yang juga Kepala Sekolah TK Integral Al Amiin 1, Ustadzah Nur Lailatul Jannah, S.Pd.I menyampaian terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan acara ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Tak ada kata yang pantas kami ucapkan selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia, para sponsor dan donator kami diantaranya: Pimpinan Yayasan Hidatullah Timika, Wali Murid Sekolah Integral Hidayatullah Timika, Komite TK 1, TK 2, SD, SMP, SMAS, DPD Hidayatullah Kabupaten Mimika, Indah Foto, Arnur Jaya Tenda dan tak lupa Bapak/Ibu Guru semua mulai dari TK-PAUD-SD-SMP dan SMAS Integral Hidayatullah Timika, semoga Allah membalas semua kebaikan bapak/ibu dengan Rahmat dan inayahNya, semoga Allah memberikan umur yang berkah dan dipertemukan Kembali dengan perayaan Halal Bi Halal di tahun yang akan datang,” tutupnya.(Humas, Absir)