Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Bupati Mimika Sambut Kedatangan Al-Quran Akbar, Ikon MTQ Ke-XXX Papua, di Timika

Timika, mimikamuslim.com - Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Kamto Adi Saputra, menyerahkan Al-Quran raksasa berbahan kayu cendana dari Jepara kepada Pemerintah Kabupaten Mimika. Bupati Mimika, Johannes Rettob, menerima Al-Quran yang diterbangkan dari Makassar menggunakan Pesawat Hercules TNI AU A-1330 pada Minggu (02/06).

Al-Quran tiba di Timika pukul 14.25 WIT dan akan diarak dari Bandara Moses Kilangin ke tempat penyimpanan oleh LPTQ Mimika. Johannes Rettob berharap Al-Quran akbar ini menjadi inspirasi bagi umat Islam di Mimika dan memperkuat kerukunan umat beragama.

Ketua MUI Kabupaten Mimika, KH. Muh Amin, menyebut Al-Quran akbar ini adalah yang ketiga di Papua, setelah Biak dan Fak-Fak. Al-Quran ini dibuat di Pesantren DDI Abdurrahman Galla Raya, Pangkep, dan memakan waktu 11 bulan. Penulisnya tetap berwudhu dan berpuasa selama penulisan.

Al-Quran ini menghabiskan 9 liter tinta dan beratnya 273 kg, sehingga memerlukan Pesawat Hercules untuk pengangkutannya. Kayu cendana digunakan untuk dudukan dan peti Al-Quran, kayu favorit mendiang Presiden Soeharto. Ketua MUI mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk Danlanud YKU Timika.

Acara ini adalah bagian dari pra-MTQ, dan Al-Quran akbar akan dibuka saat pembukaan MTQ serta ditutup pada penutupan MTQ. (rakasiwa)