Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Khutbah Jum’at, Ust. Ashabul Kahfi, S.pd. I, M. pd, CHMQ, Al Hafidz : Keutamaan dan Keistimewaan bulan suci Ramadhan

Timika, 17 Maret 2023 masjid Al Amanah melaksanakan shalat jum’at secara berjamaah dengan Ust. Ashabul Kahfi, S.pd. I, M. pd, CHMQ, Al Hafidz sebagai khatib dalam kesempatan tersebut. 

Dalam ceramahnya Ust. Ashabul Kahfi, S.pd. I, M. pd, CHMQ, Al Hafidz menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan kesabaran dan balasan atas kesabaran adalah surga, bulan ini merupakan bulan kedermawanan dan simpati (satu rasa) terhadap sesama. 

“Inilah bulan yang permulaannya (sepuluh hari pertama) Allah menurunkan rahmat, yang pertengahannya (sepuluh hari pertengahan) Allah memberikan ampunan, dan yang terakhirnya (sepuluh hari terakhir) Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka . Barangsiapa yang meringankan hamba sahayanya di bulan ini, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka.” Ucap Ust. Ashabul Kahfi, S.pd. I, M. pd, CHMQ, Al Hafidz mengutip hadis dari nabi Muhammad SAW.

Selain dari 3 keutamaan tersebut Ust. Ashabul Kahfi, S.pd. I, M. pd, CHMQ, Al Hafidz juga mengatakan perbanyaklah melakukan empat hal di bulan ini, yang dua hal dapat mendatangkan keridhaan Tuhanmu, dan yang dua hal kamu pasti memerlukannya. Dua hal yang mendatangkan keridhaan Allah yaitu syahadah (Laailaaha illallaah) dan beristighfar kepada Allah, dan dua hal yang pasti kalian memerlukannya yaitu mohonlah kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung kepada-Nya dari api neraka .

Seusai khutbah shalat pun dilaksanakan secara khidmat lalu dilanjutkan pembagian jum’at berkah kepada para jama’ah. 

(ilham)