Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Kemeriahan Tarhib Ramadhan MUI & DMI Kabupaten Mimika

MIMIKA MUSLIM (18/03/2023) – Tarhib Ramadhan MUI-DMI Kabupaten Mimika telah terselenggara pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 yang dimulai Pukul 08.00 WIT hingga masuk waktu Dzuhur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para DKM Masjid, Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan ISlam, Para Da’i, dan Cindekiawan Muslim di Kabupaten Mimika.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan sukses. Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pelantikan Ikatan Khotib (IK DMI Kabupaten Mimika) yang dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum DMI Kabupaten Mimika  Ustadz H. Abdul Muthalib Elwahan, S.Pd. yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Umum DMI Provinsi Papua KH. DR. Amiruddin Sabil, sekaligus penyerahan bendera petaka ke Ketua Umum DMI Kabupaten Mimika untuk diserahkan ke Ketua IK DMI Kabupaten Mimika.

Selain itu juga terdapat beberapa rangkaian kegiatan kegiatan lainnya seperti MUI Awards, penyerahan mandat  BIMAS Islam Kementrian Agama Kabupaten Mimika yang diwakili oleh Ustadz Sugiono, S.H.I terkait pengelolaan jadwal pencerama Bulan Ramadhan 1444 H ke DMI Kabupaten Mimika.

Dalam Kegiatan tersebut Ketua MUI dan DMI Kabupaten Mimika turut menyampaikan beberapa arahan persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H salah satunya kepada para DKM Masjid agar mempersiapkan dengan baik kegiatan-kegiatan Amaliah Ramadhan termasuk Jadwal Penceramah yang di undang dari luar kota Timika agar dapat mengkonfirmasi ke MUI dan DMI. Ketua MUI Ustad Muh. Amin AR, S.Ag., S.Pd., MM. juga menyampaikan untuk Umat Muslim di Kabupaten Mimika agar menyiapkan kesiapan rohani dan jasmaninya dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Selain itu juga dalam acara Tarhib Ramadhan tersebut juga dirangkaikan dengan launcing aplikasi Mimika Muslim 3.0 yang disampaikan oleh Ardi, ST. selaku founder mimikamuslim.com. Dalam launcing tersebut Ardi, menyampaikan beberapa fitur di Aplikasi Mimika Muslim yang sangat bermanfaat bagi Umat Muslim di Kabupaten Mimika seperti menampilkan Jadwal Sholat, Jadwal Khutbah Jum’at, Jadwal Imsakiyah, Data Penceramah & Masjid, dan fitur Adzan otomatis. Founder mimika muslim tersebut juga menyampaikan bahwa Aplikasi Mimika Muslim sangat membantu Masjid-Masjid di Kabupaten Mimika agar selaras dalam mengumandangkan azan, berdasarkan waktu yang telah ditetapkan BHR Kabupaten Mimika.  

Diakhir acara KH. DR. Amiruddin Sabil, tampil untuk memandu doa bersama, namun sebelum itu Sekretaris DMI Priovinsi Papua tersebut, menyampaikan beberapa arahan untuk Da’i di Kabupaten Mimika agar lebih mempersipkan diri untuk nantinya tampil di mimbar sebagai Penceramah pada Bulan Ramadhan.