Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Abdul Syakir,S.Pd.I Ketua DPD Hidayatullah Kab. Mimika : Bulan Ramadhan Bulan Penghapus Dosa

Pomako pada malam ke 4 Ramadhan 1444H ketua DPD Hidayatullah Kab. Mimika Abdul Syakir mendapatkan amanah sebagai penceramah di masjid Darul Bahri Pelabuhan Perikanan Pomako dengan  jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari Timika, berangkat dari jam lima sore dan tiba di masjid bertepatan dengan buka puasa, beliau menyampaikan ceramah bahwa bulan ramadhan mari kita jadikan sebagai bulan penghapus dosa, berpuasa di Bulan Ramadhan dapat menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan baik itu yang disadari atau yang tidak disadari asalkan dilasanakan dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh berdasarkan iman dan mengharapkan pahala dari Allah Swt.

Allah Swt menyediakan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar.

Nabi saw bersabda sebagai berikut 

Yang artinya: ”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim). 

Melalui berbagai aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah Swt menghapuskan dosa kita. Di antaranya adalah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw yang artinya :

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.(HR.Bukhari dan Muslim). 

Begitu pula dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir dan tahajud) pada bulan Ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya : 

Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR.BukharidanMuslim).

Agar kita tetap mendapatkan limpahan pahala ibadah puasa  dan dosa-dosa kita tetap terhapus maka kita harus manjaga Adab puasa sebagaimana nasihat Imam Al-Ghazali dalam kitabnya berjudul al-Adab fid Din dalam Majmu'ah Rasail al-Imam al-Ghazali sebagai berikut: 

Adab berpuasa, yakni: 

1. mengonsumsi makanan yang baik

2. menghindari perselisihan 

3. menjauhi ghibah (menggunjing orag lain) 

4. menolak dusta

5. tidak menyakiti orang lain 6. menjaga anggota badan dari segala perbuatan buruk

Semoga ibadah puasa kita diterima di sisi Allah SWT dan mendapatkan limpahan pahala aamiin yaa Robbal alamin,(Abu Syahmina)