Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

LAZ Assalaam Timika Selenggarakan Majelis Ojek Mimika di Masjid Al Azhar, Materi 8 Tips Sehat saat Puasa dari Dokter Bustaman

LAZ Assalaam Timika kembali mengadakan kegiatan untuk Majelis Ojek Mimika, kali ini acara diselenggarakan di Masjid Al Azhar Pasar Lama tepat pada pukul 13.00, materi yang disampaikan yaitu 8 tips sehat saat puasa oleh dr Bustaman.

Pemateri dr Bustaman mengawali materi di hadapan Majelis Ojek Mimika dengan penjelasan bahwa segala perintah Allah SWT adalah baik bagi hambaNya, sebaliknya segala larangan Allah adalah untuk menjaga hambaNya dari keburukan.

Kegiatan yang diprakarsai oleh LAZ Assalam itu berjalan lancar dan sangat bagus serta bermanfaat untuk anggota jamaah Majelis Ojek Mimika, pada kesempatan itu dr Bustaman juga menyampaikan bahwa puasa dipercaya sebagai terapi oleh Bangsa Mesir kuno.

Tidak hanya Bangsa Mesir, Cino kuno juga mempercayai hal yang sama terkait puasa. dr Bustaman kemudian menerangkan Peraih Nobel bidang kesehatan 2016  Prof. Yoshinori Ohsumi tentang konsep Autofagi.

Prof. Yoshinori Ohsumi telah membuktikan dan menemukan bahwa ketika seseorang lapar (puasa) dalam jangka waktu tidak kurang dari 8 jam dan tidak lebih dari 16 jam, maka tubuh akan membentuk protein khusus di seluruh tubuh yang disebut autophagisom.

Menurut konsep autofagi yang ditemukan Prof. Yoshinori Ohsumi, ketika tubuh lapar maka sel-sel dalam tubuh juga sama-sama akan ikut lapar, pada saat itulah sel akan memakan sel-sel lain yang terlah mati, dengan demikian sel-sel mati tidak mungkin bisa membahayakan badan.

Tips saat puasa dari dr Bustaman kepada Majelis Ojek Mimika yang pertama yaitu jangan lewatkan sahur, dianjurkan makan di akhir waktu, hindari kopi, teh, dan minuman bersoda. Sahur jangan dijadikan sarana menimbun makanan yang banyak agar kuat puasa.

Tips kedua yaitu minum air yang cukup, kebutuhan cairan 2-3 liter perhari atau 8 gelas air. 1 gelas saat berbuka, setelah magrib, sebelum isya, setelah tarwih, sebelum tidur, bangun tidur, setelah tahajjud, sebelum sahur. 1 gelas= 150-250 ml.

Tips ketiga yakni saat buka puasa, dr Bustaman menerangkan bahwa berbuka dengan yang ringan-ringan, yang sehat dan mudah dicerna seperti kurma agar lambung tidak kaget serta lebih siap mencerna makanan.

Tips keempat dari dr Bustaman adalah makan dengan porsi yang tepat, sahur bukan ajang timbun makanan, dan berbuka puasa bukan ajang balas dendam. Makan secukupnya, perhatikan gizi seimbang. Hindari makanan yang berlemak lebih.

Kelima dari tips puasa yang dijelaskan dr Bustaman yaitu tetap berolahraga. Puasa bukan alasan untuk malas bergerak, bahakan sahabat dulu berperang di bulan puasa. Berolahraga 30 menit, bisa sebelum berbuka atau di malam hari. Berolahraga membuat tubuh lebih fit dan sehat.

Tips keenam yaitu perhatikan kebutuhan tidur, jangan bergadang, usahakan tidak tidur di 2 waktu yang dilarang, silahkan tidur di waktu yang dianjurkan dalam sunnah. Sedangkan yang ketujuh adalah tetap silaturahmi dengan kerabat.

Tips ketujuh ini sangat bagus untuk memperbaiki mood, semangat, mengatasi stress, silaturahmi misalnya mudah bisa saat berbuka puasa di masjid atau momen lainnya. Kedelapan yang terakhir dari dr Bustaman yaitu bersedekah dan beramal lebih banyak.

 Menurut dr Bustaman, kebahagian akan terasa saat kita bisa membantu orang lain, hormon-hormon bahagia akan keluar dan membuat kita lebih sehat. Kegiatan ditutup dengan pembagian paket sahur untuk Majelis Ojek Mimika dari LAZ Assalaam.

Terlihat para peserta sangat bahagia dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh LAZ Assalaam Timika, terakhir Ustadz Ir Supranoto, ST mengajak semua anggota Majelis Ojek Mimika untuk berdoa.