Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Ustadz Firdaus Amir, SH: Tiga Hikmah Ketika Berpuasa

Sabtu, 16 Maret 2024 Masjid Nurussalam yang terletak di Jalan Hasanuddin  melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah. Seperti biasa, sebelum rangkaian shalat tarawih terlebih dahulu diisi ceramah agama yang dibawakan oleh Ustadz Firdaus Amir, SH dengan tema "Tiga Hikmah Ketika Berpuasa". Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang gama kepada para jama'ah.

"Puasa bukan hanya perkara menahan lapar dan minum saja, tapi menahan diri dari berbagai hal yang telah ditentukan." Ucap Ustadz Firdaus Amir.

Selain dari menahan diri dari berbagi hal, terdapat beberapa hikmah yang didapatkan dari berpuasa.

Pertama yaitu pengendalian diri. "Orang yang berpuasa dituntut untuk dapat menguasai hawa nafsunya, seperti tidak makan dan tidak minum termasuk menahan diri dari makan dan minum." Ucap beliau. 

"Orang yang ketika dia berpuasa namun kelepasan berhubungan, maka dia harus menggantinya dengan berpuasa 60 hari berturut-turut atau memberikan makan kepada 60 orang miskin."  Ustadz Firdaus Amir menjelaskan

Kedua yaitu manfaat sosial. "Dengan banyaknya orang yang berpuasa, banyak pula yang kemudian berjualan takjil di jalan-jalan, sehingga memberikan dampak ekonomi yang luar biasa." Ucap Ustadz Firdaus Amir

Ketiga yaitu manfaat kesehatan. "Orang yang ketika berpuasa, maka akan ada satu hormon yang bekerja, sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Selain itu dengan berpuasa dapat menetralisir racun dalam tubuh kita."

Sebagai penutup, Ustadz Firdaus Amir mengingatkan agar para jama'ah dapat memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah dengan memperbanyak bersedekah. (Ilham)