Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Buka Puasa Bersama Oleh Kampus Poltekkes Prodi D-III Sanitasi Kabupaten Mimika

Selasa, 2 April 2024 Kampus Poltekkes D-III Sanitasi mengadakan buka puasa bersama para mahasiswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diusung oleh para pengurus HMP untuk membangun kebersamaan seluruh mahasiswa baik islam maupun non islam. 

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua prodi, kemahasiswaan dan para mahasiswa D-III Sanitasi. Sembari menunggu waktu buka puasa, Dr. Muhamad Abas, SKM.M.Kes.,MM selaku ketua prodi D-III Sanitasi memberikan kajian keislaman perihal puasa kepada para mahasiswa.

Dalam kajiannya, bapak abas menyampaikan bahwa puasa merupakan perintah yang tertulis dalam Al Quran ayat 183 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

"Puasa artinya menahan diri dari makan dan minum serta menahan hawa nafsu dari perlakuan-perlakuan yang dapat membatalkan puasa." Ucap Bapak Abas

"Puasa merupakan ibadah yang akan membuat seseorang mencapai level sebegai orang yang bertakwa." Bapak Abas menambahkan.

Selain itu, bapak Abas juga menerangkan beberapa hal terkait puasa, seperti jenis-jenis puasa, syarat sah puasa dan hal-hal yang membatalkan puasa dan lain sebagainya.

Selesai kajian, Bapak Abas pun membaca doa buka puasa bersama para mahasiswa (Ilham)