Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Buka Puasa Bersama : Menjalin Silahturahmi Di Tengah Kebersamaan Bulan Ramadhan

Pada hari ini bertepatan dengan hari ke 26 Ramadhan, Poltekkes Kemenkes Jayapura Kampus Timika mengadakan buka puasa bersama seluruh mahasiswa.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) yang terdiri dari prodi Kesling, Perawat, dan Bidan dengan tujuan mempererat tali silahturahmi antar sesama agama baik islam maupun non islam.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pembukaan, sambutan-sambutan, sholawatan, ceramah agama dan diakhiri dengan sesi foto bersama. 

Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia saudari Risna yang mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan masing-masing prodi.

"Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini, serta terimakasih kepada masing-masing prodi yang telah membantu dalam hal pendanaan." Ucap Risna

Sambutan kedua disampikan oleh Bapak Ferdi Bunga Pakarang, S.Kep.,Ns mewakili 3 prodi sekaligus menyampaikan terimakasih kepada masing-masing HMP dan menyampaikan permintaan maaf karena tiga ketua prodi belum sempat hadir.

"Terimakasih kepada Himpunan Mahasiswa Prodi serta panitia yang telah mensukseskan kegiatan ini. Permohonan maaf juga saya sampaikan mewakili tiga prodi karena belum bisa hadir dikarenakan ada urusan di jayapura." Ucap Ferdi Bunga Pakarang.

Setelah sambutan, disambung oleh sholawatan yang dipimpin oleh Tim Rebana Miftahul Unul.

Selanjutnya dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abah Yazid, S. Pd., M. Pd.  Beliau menyampaikan bahwa Persaudaraan dalam islam terdiri dari tiga yaitu 

Ukhuwah Islamiya yaitu persaudaraan sesama islam, Ukhuwah Wathanuiyah yakni persatuan dalam ikatan kebangsaan, dan Ukhuwah basyariyah yakni persaudaraan sesama umat manusia. sebagaimana tertulis dalam Al Quran Surah Al Hujurat ayat 13 yang artinya "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa."

"Marilah kita saling toleransi antara sesama manusia dan saling menghormati baik itu paskah maupun ibadah puasa." Ustadz Abah Yazid mengajak.

Sebagai penutup Ustadz Abah Yazid menyampaikan bahwa di detik-detik akhir ramadhan ini manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya dengan memperbanyak ibadah, sehingga diakhir ramadhan nanti kita mendapatkan gelar sebagai orang-orang yang bertakwa.

Selesai tausiyah yang diberikan, Ustadz Abah Yazid memimpin membaca doa berbuka puasa dan para mahasiswa pun menyantap hidangan buka puasa yang telah disediakan.

Setelah itu dilanjutkan sesi foto bersama seluruh panitia dan para undangan yang hadir baik dari perwakilan organisasi ekstra kampus maupun dari perwakilan kampus-kampus di timika. (Ilham)