Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Program BEDUG (Buka Puasa Bersama Ditunggu) SD Integral Al Amin Hidayatullah Timika "Ajari Anak Puasa Sejak Dini"

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan yang ditunggu- tunggu  oleh umat muslim. Puasa Ramadhan adalah puasa yang hukumnya  wajib bagi yang sudah  baligh. Memang berpuasa Ramadhan  tidak wajib bagi anak-anak ( kelas 1, 2 dan 3 SD ) atau yang belum baligh, namun akan sangat berguna jika kita bisa mengajak dan melatih mereka untuk berpuasa sejak dini akan membuatnya menjadi terbiasa berpuasa salah satunya dengan  melaksanakan  buka puasa bersama.

Program BEDUG (Buka Puasa Bersama Ditunggu) yang dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Maret 2023 dengan tema Membangun  Silaturrahim Menyambung Kebahagiaan serta  Menebar Syi'ar Islam yang berlokasi di Hidayatullah Km.09 Jln Poros Mapurujaya

Berpuasa hakikatnya adalah menahan diri.  Menahan diri untuk tidak makan dan minum dari subuh sampai  maghrib. Merupakan salah satu latihan mental yang penting untuk membentuk anak menjadi pribadi yang tangguh, sabar, jujur dan tidak mudah menyerah dan selalu optimis.

Salah satu tujuannya  adalah  berlatih jujur. Sebagaimana penyampaian  dari Ustadz  Aris Widuri,S.Pd.I Obralan santai penuh makna  dalam kegiatan  Bedug kelas 1, 2 dan 3 SD  kemarin dikutip dalil dalam Alqur’an dan hadist Nabi Muhammad Saw menegaskan keutamaan berpuasa sangat besar sebab ibadah puasa sesungguhnya hanya orang yang berpuasa itu dan Allah Swt saja yang mengetahuinya. Sementara orang lain tidak bisa mengetahuinya dengan pasti apakah seseorang itu benar sedang berpuasa atau tidak berpuasa"

Dengan  berpuasa berarti  menahan, sebagaimana penelitian Walter Mischel mendata anak-anak yang  mampu menahan dengan waktu yang berbeda- beda, hasilnya mengagumkan. Ternyata, semakin lama seorang anak mampu menahan diri terhadap  marshmallow tersebut, semakin tinggi pula daya konsentrasi dan logikanya dan cenderung memelihara persahabatan serta

Korelasi yang kuat antara kemampuan menahan diri atau menunda kepuasan dengan masa depan yang lebih baik. Masya Allah tabarakallah berpuasa  itu sangat  besar manfaatnya, belum dikaji secara medis. Mari ajari anak berpuasa  sejak dini. (Muli)