Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Ustadz Mishabul Munir, Lc., M.S.I., CDAI. : Tiga macam persaudaraan dalam islam

Sabtu, 15 April 2023 tepatnya malam ke 25 ramadhan bertempat di masjid Al Hijrah Ustadz Mishabul Munir, Lc., M.S.I., CDAI. Kembali memberikan tausiah ramadhan rutin sebelum shalat tarawih dimulai.

Dalam kesempatan kali ini tema yang dibawakan yaitu hubungan sosial antar manusia.

Dalam kehidupan selain menjaga hubungan kita dengan sang pencipta kita juga dianjurkan untuk menjaga hubungan sesama manusia. Islam merupakan agama yang cinta damai dan juga sangat menjaga tali persaudaraan. Persaudaraan disini dibagi ke dalam tiga macam, diantaranya :

1. ukhuwah Basyariyah atau Insaniyah (persaudaraan umat manusia). 

Islam menganggap semua manusia itu bersaudara karena itulah ketika ada yg berbeda keyakinan selama itu manusia maka itu adalah saudara dan harus saling membantu dalam kebaikan

2. ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan bangsa)

Lebih khusus dalam kehidupan berkebangsaan, agama islam tidak memandang perbedaan suku, ras, dan budaya menjadikan kita berbeda, akan tetapi kita menjadi saudara karena berada dalam satu negara yang sama. Tentunya dengan peraturan-perataturan yang telah di atur oleh pemerintah guna mencapai suatu perbedaan yang mengedepankan toleransi sehingga menjadikan kita menjadi saudara dalam hal kebangsaan.

3. ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam)

Lebih khusus lagi yaitu persaudaraan karena satu ajaran keagamaan. Dal hal ini seluruh umat islam tanpa terkecuali adalah bersaudara, terlepas dari mazhab apa serta golongan apa ia masuki, selama agamanya islam maka kita semua bersaudara bernaung dalam kalimat tauhid. Oleh karena kita harus bersatu dan saling membantu layaknya suatu bangunan yang kokoh yang setiap bangunannya saling membutuhkan. Swbagaimana tertulis dalam hadis dari Abu Musa Al-'Asy'ari berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Antara seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya adalah bagaikan satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lainnya." (HR. At-Tirmidzi). (Ilham)