Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Film Buya Hamka Ungkap Fakta-fakta Luar Biasa Menarik Terkait Ulama dan Tokoh Bangsa yang Hebat dari Muhammadiyah

Film Buya Hamka Ungkap Fakta-fakta Luar Biasa Menarik Terkait Ulama dan Tokoh Bangsa yang Hebat dari Muhammadiyah

MimikaMuslim.com - Film Buya Hamka yang sedang tayang di layar lebar saat ini merupakan tayangan luar biasa, yang mana diambil dari sejarah biografi tokoh ulama dan bangsa yang aktif di Organisasi Masyarakat Muhammadiyah.

Sutrada Film Buya Hamka yang dirilis sejak 9 April 2023 lalu ini adalah Fajar Bustomi, sedangkan pemeran dari tokoh ulama dan bangsa Muhammadiyah itu yakni aktris Vino G. Bastian memainkan dengan penuh penghayatan.

Pemain Film Buya Hamka selain Vino G. Bastian diantaranya yaitu Laudya Cynthia Bella yang memerankan Siti Raham atau istri sang ulama dan tokoh bangsa dari Ormas Muhammadiyah itu sendiri, lalu ada Doni Damara sebagai Haji Rasul serta yang lainnya.

Dirangkum MimikaMuslim.com dari video yang diunggah di kanal YouTube The Sungkars pada 29 Maret 2023, pemeran tokoh utama dalam Film Buya Hamka yaitu Vino G. Bastian mengungkapkan fakta-fakta luar biasa menarik .

1. Buya Hamka Ketua MUI Pertama

Buya Hamka ternyata merupakan Ketua MUI Pusat yang pertama, beliau diangkat pada tanggal 26 Juli 1975, Tokoh ulama dan bangsa dari Muhammadiyah itu terpilih secara aklamasi. Memeggang amanah hingga tahun 1981 dirinya mengundurkan diri dari jabatan tersebut.

2. Buya Hamka seorang sastrawan

Film Buya Hamka sebenarnya melengkapi daftar tayangan yang terinspirasi dari satu sosok sama yaitu Buya Hamka itu sendiri, sebelumnya ada Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan Di Bawah Lindungan Ka'bah, keduanya merupakan diantara karya dari tokoh Muhammadiyah itu.

3. Memiliki adab yang tinggi

Vino G. Bastian mengungkap bahwa salah satu dari sikapnya yang menjadi pemeran utama dalam Film Buya Hamka yaitu tingginya adab ulama dari tanah Minang itu, dimana salah satunya tidak suka bebrdebat kusir.

Apabila ada jamaah pendengar kajian Buya Hamka tidak sependapat dengannya maka diaminkan terlebih dahulu, lalu setelah kegiatan selesai baru didatangi dan diajak bediskusi, sehingga orang yang mau protes tadipun bisa menerima apa yang menjadi kebenaran.

4. Memahami tahapan dakwah

"Jadi dia cara mengajarnya itu, nggak ditanya kamu sudah ngaji sebanyak apa?, kamu ilmu agamamu (bagaimana) mau masuk Islam?, nggak, yang kamu lakukan sekarang, jalankan, tapi ngajinya sama saya ya!, jadi untuk merubah orang itu butuh proses." Terang Vino G. Bastian.

5. Buya Hamka tetap istiqomah walaupun kondisi sangat tragis

Dalam satu fase kehidupan Buya Hamka ada saat yang sangat tragis, dimana bilau di harus tetap istiqomah dengan apa yang diperjuangkan, sementara kondisi ekonomi sedang jatuh, dan secara sosial banyak orang memfitnahnya.

6. Sikap unik saat diharap seorang wanita untuk jadi istri keduanya

Dalam video trailer Film Buya Hamka yang diunggah chanel lain, terdapat adegan dimana ada seorang wanita menyampaikan bahwa dirinya yakin Buya Hamka akan mampu berlaku adil bila menjadikannya istri kedua, namun Buya Hamka hanya membalas dengan istighfar.

7. Buya Hamka belajar dari HOS Tjokroaminoto

Buya Hamka sebagaimana para pendiri bangsa lainnya yang pernah berjumpa HOS Tjokroaminoto, sempat bertemu dan belajar dengannya, diantara ucapannya kepada Buya Hamka yaitu:

"Jadi kaum ingin menjadi pemimpin yang besar suatu hari nanti, maka menulislah seperti wartawan, dan berbicaralah seperti seorang orator." Kata HOS Tjokroaminoto.

8. Buya Hamka belajar di Mekah hingga menghadap Raja saat itu

Setelah perjalanan panjang menuntut ilmu di Jawa, tampaknya jiwa penuntut ilmu Buya Hamka masih terus menggebu, hingga akhirnya memutuskan untuk belajar di Mekah. Pada tahap itulah Buya Hamka juga menghadap Sang Raja yang menjabat saat itu untuk mendapatkan izin menggunakan sistem manasik haji di Indonesia.