Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Maulid Nabi Muhammad SAW: Menjadi Pemuda Idaman Rasulullah Dengan Meneladani Akhlaknya

Mimika Muslim.com I Sabtu, 14 Oktober 2023 Kampus Poltekes Prodi D3-Keperawatan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema “Menjadi Pemuda Idaman Rasulullah Dengan Meneladani Akhlaknya”. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Bersama Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Insan Cita dan Himpunan Mahasiswa Muslim (HMM) D-III Keperawatan Mimika. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengingatkan para mahasiswa dengan sosok agung tersebut serta menerapkan akhlak rasulullah dalam menjalankan kehidupan. Selain itu agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana mengasah potensi dirinya melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Acara tersebut dimulai dengan sambutan-sambutan dari beberapa pihak lalu kemudian masuk ke inti acara yaitu ceramah agama yang dibawakan oleh ustadz Aba Yasid, S. Pd, M. Pd. 

Sambutan pertama dibawakan oleh bidang kemahasiswaan ibu Jeni O. Karundeng., M.Kep,Sp.Kep.A yang bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini sehingga mahasiswa tidak hanya aktif di dalam ruangan tapi juga di luar ruangan. “Jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu, tapi jadilah mahasiswa yang rajin berorganisasi sehingga dapat memperluas relasi” ucap ibu Jeni Karundeng

Sambutan selanjutnya dibawakan oleh ketua umum HMI Komisariat Insan Cita Sri Multi. Dalam penyampaiannya, ketua umum HMI Komisariat Insan Cita tersebut berterimakasih kepada pihak HMM yang telah berkenan mengajak HMI untuk berkolaborasi. Beliau juga berharap agar ini bukan yang terakhir melainkan harus terus dilanjutkan sehingga dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam beroganisasi dan memperkenalkan nama Poltekes ke masyarakat luar.

Memasuki acara inti ustadz Aba Yasid, S. Pd, M. Pd pun menyampaikan tausia sesuai dengan tema yang ada. Dimulai dengan menceritakan kisah hidup nabi lalu kemudian beliau membacakan surat Al Ahzab ayat 21:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”

Berdasarkan ayat tersebut, maka meneladani akhlak nabi merupakan suatu keberuntungan bagi setiap orang. Ada banyak sifat yang dapat diteladani dari nabi diantaranya Amanah, Pemaaf, Rendah hati dan masih banyak lagi. Selain itu, Ustadz Aba Yasid, S. Pd, M. Pd menghimbau agar kita selalu bershalawat kepada nabi Muhammad SAW sehingga mendapatkan syafa’at di Yaumil Akhir nanti. “meneladani sifat nabi akan membuat kita menjadi pribadi yang jauh dari perbuatan maksiat, apalagi di zaman yang penuh dengan teknologi seperti sekarang ini” ucap Ustadz Aba Yasid, S. Pd, M. Pd.

Sebagai penutup, Ustadz Aba Yasid, S. Pd, M. Pd menyampaikan agar jangan sampai kita hanya bermaulid tapi tidak mempraktikan nilai dari maulid itu sendiri. (Ilham)