Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Ust. Zain Abdullah, S. Sos. i, TQ : Arti dari 5 Huruf Ramadhan

Selasa, 12 Maret 2024 Masjid Al Hijrah yang terletak di Jalan Hasanuddin melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah sebagai ibadah rutin setiap bulan ramadhan. Namun sebelum dilaksanakannya shalat tarawih, terlebih dahulu diisi dengan ceramah agama yang dibawakan oleh Ustadz Zain Abdullah, S. Sos. i, TQ.

Dalam ceramahnya, Ustadz Zain Abdullah menyampaikan arti dari 5 huruf ramadhan dalam bahasa arab diantaranya Ra, Mim, Dhad, Alif, dan Nun.

Pertama adalah Ra yakni rahmat. "Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, dimana amalan yang kita perbuat akan dilipatgandakan oleh Allah SWT" 

Kedua adalah Mim yakni maghfirah. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan, karena di bulan inilah Allah SWT membukakan pinta ampunan yang sebesar-besarnya kepada siapapun yang memohon ampunan kepadanya.


Ketiga adalah Dhad yakni domanah. Pada bulan ini Allah SWT memberikan jaminan surga Ar Royyan bagi siapa saja yang berpuasa

Keempat adalah Alif yakni Aminah atau keamanan. Pada ramadhan Allah akan memberikan keamanan bagi siapa saja yang berpuasa diantarnya adalah kesehatan tubuh. "Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor di salah satu universitas di jepang, dan dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa orang yang berpuasa lebih sehat kesehatan jasmaninya dibandingkan dengan yang tidak berpuasa". Ucap Ustadz Zain Abdullah. 

Kelima adalah nun yakni nikmat. Pada bulan ramadhan ada banyak sekali nikmat yang tersedia, salah satunya adalah hanya pada bulan ramadhan semua jenis makanan akan tersedia di jalan-jalan yang dijual untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Sebagai penutup, Ustadz Zain Abdullah mengajak agar para jamaah terus meningkatkan ibadahnya dengan memaksimalkan amalan-amalan terbaik yang bisa dilakukan.


Selesai ceramah shalat pun dilaksanakan dengan khidmat. (Ilham)