Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Ustadz Agus Salim Abu Bakar: Tiga Perintah Allah di Bulan Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan.

Rabu, 13 maret 2024 Masjid Nurussalam yang terletak di Jalan Hasanuddin melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah sebagai ibadah rutin setiap malam di bulan ramadhan. Sebelum memasuki rangkaian shalat tarawih, terlebih dahulu disi ceramah agama yg dibawakan oleh Ustadz Agus Salim Abu Bakar.

Sebagai pembuka Ustadz Agus Salim Abu Bakar menyampaikan bahwa dengan sampainya kita di bulan ramadhan ini membuktikan bahwa doa yg kita panjatkan pada bulan rajab kemarin dikabulkan oleh Allah SWT.

"Terdapat tiga perintah dari Allah SWT masing-masing di Bulan Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan, diantaranya adalah perintah shalat pada bulan Rajab yang ditandai dengan Isra Mi'raj nabi Muhammad SAW, lalu perintah memperbanyak shalawat di bulan Sya'ban dan berpuasa pada bulan ramadhan." Ucap beliau

Ustadz Agus Salim Abu Bakar juga menambahkan beberapa penjelasan bahwa pentingnya mendirikan shalat selain dari tiang agama, shalat yang sekarang hanya 5 (lima) waktu awalnya adalah 50 (lima puluh) waktu. Namun setelah mendengar perkataan nabi Musa A.S, nabi Muhammad SAW pun memperjuangkannya menjadi 5 (waktu). "Tapi ternyata masih banyak juga yg lalai." Ucap Ustadz Agus Salim Abu Bakar.

Perintah untuk bershalawat kepada nabi pun tertulis dalam Al Quran Surah Al-Ahzab ayat 56 yang artinya "sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Berpuasa di bulan ramadhan juga diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."


Selesai ceramah shalat pun dilaksanakan dengan khidmat. (Ilham)