Sudahkah Anda Membaca Al-Qur'an Hari Ini

Drs. H. Muh. Darwis : Meraih kemenangan bersama kemuliaan bulan ramadhan

Jum'at, 15 Maret 2024 Masjid Al Amanah yang terletak di Pasar Sentar mengadakan shalat berjamaah sebagai ibadah wajib setiap hari jum'at. Dalam kesempatam tersebut, yang bertindak sebagai khatib ialah Drs. H. Muh. Darwis dengan tema "Meraih kemenangan bersama kemuliaan bulan ramadhan".

Mengutip dari surah Yunus ayat 58 yang artinya "Katakanlah (Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.” Bergembira yang dimaksud di sini adalah menjadikan kita sebagai orang yang beragama islam, karena satu-satunya agama yang benar di hadapan Allah SWT hanyalah Islam. Ucap Drs. H. Muh. Darwis menjelaskan.

Ada banyak keberkahan dalam agama ini salah satunya adalah bulan ramadhan dimana orang-orang beriman berpuasa, sesuai dengan hadis nabi yang diriwayatkan oleh imam ahmad yakni "Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kepada kamu sekalian untuk berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka Jahanam dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka siapa yang tidak berusaha untuk mendapatkan". Dalam hadis tersebut dapat diketahui bahwa betapa mulianya bulan ramadhan itu.

Berpuasa pada bulan ramadhan bukan hanya diwajibkan untuk kita umat nabi muhammad saja, tetapi sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu seperti nabi Adam A.S dan nabi Nuh A.S. sebagaimana tertulis dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Lalu muncul pertanyaan, mengapa pada bulan puasa masih ada orang yang bermaksiat pada setan-setan dibelenggu. Jawabannya adalah karena hawa nafsu. "Manusia yang tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya akan terus berbuat maksiat sekalipun itu di bulan ramadhan." Ucap Drs. H. Muh. Darwis

Sebagai penutup, Drs. H. Muh. Darwis mengajak para jama'ah agar terus meningkatkan ibadahnya sehingga dapat menjadi orang-orang yang bertakwa. (Ilham)